Smart

Pages

2013/10/23

Cara Pasang OpenID Agar Dapat Backlink



apa itu OpenID

OpenID adalah Identitas Digital (ID) adalah layanan otentikasi bagi pengguna (user) dengan kontrol akses serta sistem desentralisasi standar dan terbuka, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk (login) ke dalam berbagai platform situs pendukung OpenID hanya dengan satu Identitas Digital (ID) – Wikipedia.org
Beberapa situs besar yang menyediakan layanan OpenID diantaranya adalah Google, Yahoo, Paypal, AOL, Microsoft dan lainnya. Seperti juga pada Blogspot, layanan OpenID ini terdapat pada form komentar posting dimana si-komentator bisa mengisikan URL website blog kita masing-masing melalui OpenID itu.

Apa manfaat komentar menggunakan OpenID? 
Komentar dengan OpenID merupakan salah satu teknikSEO dasar yang bisa kita lakukan dengan mudah. Jika blog yang kita beri komentar tersebut adalah jenis blog Dofollow, maka sudah pasti kita akan mendapatkan backlink gratis dari situ. Dan meskipun blog yang kita beri komentar tersebut bukanlah jenis Dofollow alias itu adalah blog Nofollow, toh dengan mengisi URL blog kita pada OpenID itu sama artinya kita telah membuat pintu masuk untuk orang lain yang ingin berkunjung ke blog kita. Mungkin karena itulah para blogger lebih memilih berkomentar menggunakan OpenID dibanding menggunakan opsi lain yang disediakan.
Namun opsi komentar dengan OpenID ini tidaklah semua blog menyediakan, tergantung masing-masing pemilik blog mengijinkan layanan OpenID tersebut atau tidak.
Di menu setting Blogspot, fitur komentar dengan OpenID bisa diaktifkan maupun tidak, tergantung si-pemilik blog tersebut.

Kenapa kita perlu mem-verifikasi OpenID?
Banyak kasus blog yang jika berkomentar dengan memilih opsi OpenID selalu muncul pesan erorr seperti ini :

"Your OpenID Credentials Could Not be Verified"



Pernah mengalami yang seperti itu?
Pesan seperti diatas maksudnya adalah akun OpenID dengan URL blog yang kita tautkan itu perlu dibuktikan kepemilikannya. Untuk itu kita perlu melakukan verifikasi terlebih dulu.
Meskipun ada juga beberapa kasus yang tanpa melakukan verifikasi-pun, berkomentar menggunakan OpenID bisa-bisa saja. Namun perlu saya infokan disini, menurut para senior jika berkomentar (di blog Dofollow) dengan OpenID yang tidak di verifikasi, URL blog yang kita tautkan itu tadi tidaklah dianggap sebagai backlink oleh Google. 

Dan saran saya, apakah tidak sebaiknya OpenID kita verifikasi saja,  caranya juga mudah dan gampang.
Kita hanya perlu menambahkan kode berikut dibawah ini tepat dibawah  <head> pada HTML template.

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

Jika sudah tinggal disimpan saja template-nya.

Setelah itu berkomentarlah dengan OpenID  pada kolom OpenID isilah dengan URL blog sobat, dijamin tidak akan mengalami pesan erorr! lagi. Selamat mencoba

0 komentar

Post a Comment